Strategy & Planning

/ Pilar Solusi / Strategy & Planning

Seperti halnya bisnis, mengelola TI juga butuh perencanaan, khususnya dalam menghadapi perubahan teknologi yang sangat cepat saat ini.

Perencanaan TI strategis akan memberikan arahan yang jelas bagi TI agar selaras dengan transformasi bisnis. Kami akan membantu penyusunan strategi dan rencana TI Anda, dengan berbagai sudut pandang sebagai titik awal, sesuai kebutuhan dan prioritas bisnis Anda.

Digital Transformation Planning

IT Consulting Services MLPT menyediakan layanan Perencanaan Transformasi Digital agar perusahaan Anda siap menghadapi dampak transformasi digital tersebut. Banyak organisasi mengalami kesulitan dalam perjalanannya melakukan transformasi digital yang disebabkan oleh kurangnya kapabilitas untuk menrencanakan dan menjalankan transformasi. Kapabilitas yang dibutuhkan tersebut adalah:

• Digital Capabilities – pemanfaatan teknologi dalam mengubah bagaimana suatu perusahaan berinteraksi dengan pelanggannya, menjalankan proses internal, atau mendefinisikan model bisnisnya; dan bagaimana perusahaan mempersiapkan talenta dan menyesuaikan organisasi dalam merespon kebutuhan organisasi digital.

• Leadership Capabilities – menciptakan kondisi yang diperlukan untuk menggerakan transformasi. Hal ini meliputi visi transformasi, model tata kelola untuk memimpin transformasi, keterkaitan TI dan bisnis yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, keterlibatan karyawan dalam proses transformasi, dan pemberdayaan SDM yang berfokus secara spesifik pada pengembangan keahlian dan pembelajaran.

Layanan konsultasi kami akan menggabungkan transformasi digital dengan Enterprise Architecture (EA) framework untuk membantu Anda dalam mengembangkan rencana DX yang tepat, dengan memfokuskan pada pilar Digital Capabilities tertentu yang memberikan manfaat spesifik pada organisasi Anda, seperti pengalaman pelanggan, efektivitas operasional, atau lainnya.

Dengan mengkombinasikan Tren Teknologi Digital dan pendekatan Enterprise Architecture dalam mengembangkan Digital Capabilities dan Leadership Capabilities, DX Plan akan meliputi arsitektur yang dibutuhkan untuk mendukung transformasi digital dan juga DX Program Roadmap & rencana pengeluaran terkait.

IT Strategy & Planning
Pendekatan dari IT Consulting ServicesMLPTmemastikan agar TI mampu mendukung tercapainya sasaran bisnis melalui perencanaan dan panduan TI yang tepat, dengan melibatkan para business users dalam mendefinisikan kebutuhan berdasarkan kerangka kerja internasional yang telah banyak dikenal / dijadikan acuan, yaitu The Open Group Architecture Framework (TOGAF).
  • IT Master Plan Development
  • Enterprise Architecture Development
  • Disaster Recovery Plan (DRP) Development
  • Business Continuity Plan (BCP) Development

Saat ini, sebagian besar bisnis harus memiliki strategi TI yang tepat. Tujuannya adalah untuk menyelaraskan TI Anda dengan bisnis. Strategi TI yang lemah dapat menyebabkan pembengkakan biaya dan pemborosan anggaran. Untuk menghindari situasi ini, Anda perlu mengembangkan strategi TI yang dapat melayani bisnis Anda dengan lebih baik.

Layanan konsultasi kami akan membantu Anda mengembangkan Strategi & Rencana TI yang tepat, seperti:

  • IT Master Plan
    Dengan kombinasi kerangka kerja TOGAF, COBIT, ITIL, & organisasi TI, kami akan mengembangkan Master Plan TI perusahaan Anda, termasuk roadmap TI & IT Spending untuk 5 Tahun ke depan.
  • Enterprise Architecture
    Berfokus pada arsitektur, kami akan mengembangkan Arsitektur Bisnis, Arsitektur Informasi, Arsitektur Aplikasi, Arsitektur Teknologi, termasuk Arsitektur Keamanan, serta roadmap & IT Spending untuk 5 tahun ke depan, bagi perusahaan Anda.
  • Disaster Recovery Plan (DRP)
    Mengantisipasi situasi bencana yang mungkin terjadi pada TI, hanya memiliki Disaster Recovery Center (DRC) saja tidak cukup. Tanpa DRP yang tepat, DRC “hanya” situs Data Center (DC) alternatif Anda yang mungkin mengakibatkan pengeluaran biaya lebih (double) yang tidak diperlukan jika Anda hanya menduplikasi DC tanpa analisis yang tepat untuk kebutuhan bisnis yang penting/ktirikal terhadap TI. DRP akan memberikan pedoman terhadap kebutuhan sistem penting/kritikal yang diperlukan untuk mendukung bisnis di saat bencana, strategi pemulihan, dan kriteria pembangunan DRC yang sesuai dengan risiko dan kepentingan bisnis, sampai dengan organisasi pemulihan yang harus dikerahkan tepat pada waktunya. Beberapa industri sudah memiliki peraturan bahwa organisasi wajib untuk memiliki DRP.
IT Operation & Governance

IT Consulting Services MLPT menyediakan layanan konsultasi IT Governance dan IT Service Management (ITSM) yang tepat dan memastikan agar perusahaan Anda mampu mengelola operasional dan gangguan TI melalui penerapan kebijakan, standar, prosedur, dan panduan TI yang tepat berdasarkan kerangka kerja internasional yang telah banyak dikenal / dijadikan acuan, yaitu IT Infrastructure Library (ITIL) dan COBIT.

  • IT Governance Capability Development
  • IT Service Management Capability Development

Beberapa kasus yang mungkin dialami oleh Bisnis dan Manajemen TI :

  • Kerugian bisnis, rusaknya reputasi atau melemahnya posisi kompetitif
  • Tenggang waktu tidak terpenuhi, biaya lebih tinggi dari yang dianggarkan dan kualitas lebih rendah dari yang disepakati
  • Efisiensi perusahaan dan proses-proses utama terkena dampak negatif oleh buruknya kualitas hasil kerja TI
  • Kegagalan inisiatif TI untuk membawa inovasi atau memberikan manfaat yang dijanjikan
    Tata Kelola TI yang tidak efektif kemungkinan menjadi akar penyebab dari pengalaman negatif yang dialami oleh banyak Bisnis dan Manajemen TI terhadap TI. Layanan konsultasi kami akan membantu Anda mengembangkan kemampuan Tata Kelola TI dan Manajemen Layanan TI yang tepat untuk memastikan kegiatan TI Anda akan berhasil dalam memberikan nilai manfaat.
  • IT Governance Capability Development
    Dengan kombinasi COBIT sebagai kerangka kerja payung, digabungkan dengan kerangka kerja dan standar TI yang paling banyak diadopsi seperti : ITIL, PMBOK, ISO / IEC 27000, kami akan mengembangkan kemampuan Tata Kelola TI Anda dengan menyiapkan prinsip, kebijakan, standar, prosedur TI dan struktur organisasi TI yang tepat, termasuk inisiatif program tata kelola TI dan roadmap TI.
  • IT Service Management Capability Development
    Berfokus pada pengelolaan layanan TI, kami akan mengembangkan kebijakan, standar, dan prosedur proses manajemen layanan TI, serta struktur organisasi TI yang tepat, termasuk inisiatif program dan roadmap manajemen layanan TI.
Independent Validation & Verification (IVV)
IT Consulting Services dari MLPT memungkinkan perusahaan Anda untuk melakukan akuisisi dan implementasi solusi TI dengan baik, menggunakan metodologi yang tepat dalam menangkap kebutuhan riil dari pengguna dan membuktikan bahwa aplikasi / solusi tersebut berjalan baik.
 
  • Independent Verification & Validation (IVV) Services
  • IT Requirements (TOR/RFP) Development
  • IT Procurement Assistance Services
  • IT Project Supervision Services, including IT Project Risk Management Services
  • IT Valuation Development

Layanan konsultasi kami akan membantu meminimalkan risiko kegagalan implementasi perangkat lunak dengan metodologi yang telah terbukti dilaksanakan di proyek, dengan cara membantu dalam setiap fase seperti di bawah ini:

• Preparation Phase – IT Requirements (ToR/RFP) Development. Diferensiasi kami adalah dalam metodologi untuk mendefinisikan kebutuhan/requirement proses bisnis dengan pengguna.

• Procurement Phase – IT Procurement Assistance. Kami menyediakan metodologi dan alat bantu/template untuk melakukan evaluasi dan penilaian proposal vendor. Kami mengadopsi metodologi internasional yang telah terbukti (seperti World Bank, JICA), yang juga telah disesuaikan dengan Hukum dan Peraturan Indonesia.

• Implementation Phase – IT Implementation Project Supervision (termasuk IT Project Risk Management) Kami menyediakan metodologi dan alat untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mengurangi risiko dalam implementasi perangkat lunak.

•IT Valuation. Perusahaan harus memiliki kemampuan untuk mengukur manfaat dari investasi TI. Kami menyediakan metode dan template untuk memungkinkan Perusahaan menilai manfaat Tangible, Quasi-Tangible dan Intangible, baik untuk tujuan Studi Kelayakan atau pengukuran manfaat aktual.

IT PMO Set Up & Operation Assistance

Memungkinkan bisnis atau perusahaan Anda untuk memaksimalkan manfaat dan meminimalkan risiko portofolio proyek Anda dengan menerapkan seleksi dan pendekatan prioritas yang tepat yang sesuai dengan tujuan strategis bisnis Anda serta memperhitungkan dana dan sumber daya yang tersedia. PMO yang diatur juga akan memudahkan untuk memantau dan mengukur kinerja pelaksanaan portofolio proyek Anda dengan menggunakan alat manajemen proyek perusahaan yang tepat dan praktik standar.

• IT Program Management Office (PMO) Set-Up Service
Membantu perusahaan atau organisasi untuk membentuk IT Program Management Office melalui penyusunan kebijakan dan proses yang standar untuk fungsi PMO dan praktik manajemen proyek, serta memberikan pembinaan kepada Tim PMO dan manajer proyek dalam implementasi prosedur tersebut untuk inisiatif proyek pilot. Bantuan operasional dalam proyek nyata dimaksudkan untuk membawa transfer pengetahuan, perbaikan proses, dan perubahan perilaku organisasi menuju transformasi tingkat kematangan manajemen proyek perusahaan.

• IT Project Management Outsourcing
Menyediakan sumber daya manusia dan alat bantu pendukung untuk menjalankan operasi IT PMO Anda, yang mencakup pemantauan portofolio proyek, pelaksanaan program dan proyek.

• Project Manager Outsourcing
Jika perusahaan Anda memiliki kekurangan sumber daya manajer proyek, MLPT dapat menyediakan manajer proyek yang berpengalaman dan bersertifikat untuk mengelola proyek TI Anda.

Data Center Consulting
Layanan konsultasi ini memastikan bahwa perusahaan Anda memiliki DC/DRC yang sesuai dengan standar Internasional dan juga sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Konsultasikan kebutuhan DC/DRC perusahaan Anda dengan tim ahli yang berpengalaman.
 
Data Center (DC) sebagai fasilitas yang menampung operasi dan peralatan TI sangat penting bagi keberlangsungan operasi harian perusahaan saat ini. Fasilitas ini membutuhkan arsitektur fisik dan infrastruktur yang memadai, dan memenuhi standar internasional untuk memastikan fungsinya memenuhi kebutuhan optimal bisnis secara efektif dan andal di lingkungan yang aman. Tempat alternatif sebagai Disaster Recovery Center (DRC) juga harus disiapkan untuk mengantisipasi setiap bencana yang mungkin dapat melumpuhkan DC. Ketika bencana terjadi, proses pemulihan yang direncanakan di DRP dapat dimulai dan DRC dapat beroperasi dengan baik sampai fungsi DC siap untuk beroperasi kembali. Untuk menghindari biaya berlebih dan pemborosan anggaran, perusahaan harus memahami apa yang paling dibutuhkan untuk membangun DC / DRC dari desain hingga operasional untuk jangka panjang.
 
Layanan Konsultasi kami akan membantu Anda mengembangkan DC / DRC yang tepat. Kami dapat melakukan kajian untuk Data Center Anda saat ini atau yang akan datang, berdasarkan best-practices standar internasional seperti TIA 942 atau Uptime Institute, termasuk rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Desain dirancang untuk memenuhi sasaran teknologi dan Data CenterAnda yang spesifik, yang meliputi lokasi , bangunan, infrastruktur fisik, perangkat dan keamanan pendukung, juga sistem dan infrastruktur TI yang berada di dalam Data Center.
Data Governance
Layanan ini membantu perusahaan Anda untuk membangun kapabilitas dalam pengelolaan menyeluruh terkait ketersediaan, pemanfaatan, integritas, dan keamanan data perusahaan. Suatu program tata kelola data yang baik mencakup badan atau dewan tata kelola, kebijakan dan prosedur yang ditetapkan secara jelas, dan adanya rencana untuk menerapkan prosedur tersebut. Dengan demikian perusahaan Anda akan siap menghadapi situasi seperti kehilangan data, kualitas data yang buruk, penyalahgunaan data yang tercuri.
  • Data Quality & Integration Assessment, using a proven tools
  • Data Quality & Integration Capability Development

Dengan data governance & management yang baik, maka organisasi Anda akan siap ketika menghadapi situasi seperti kehilangan data, kualitas data yang rendah, penyalahgunaan data yang dicuri.

Karena data governance & management merupakan hal yang sangat luas, layanan TI kami akan membantu solusi data governance & management yang berfokus pada area-area yang penting, seperti berikut ini: Data Quality Solution: menyediakan suatu solusi untuk memastikan kualitas data organisasi Anda terkait dengan kelengkapan, keunikan, ketepatan waktu, validitas, akurasi, dan konsistensi; Data Governance Development: membantu dalam penyusunan strategi data, kebijakan, pengelolaan & kepemilikan, perubahan budaya, prinsip-prinsip, valuasi, klasifikai dan penilaian tingkat kematangan (maturity) data.

Dengan Data Governance, Anda dapat mencapai tujuan utama, seperti:
• Memahami dan mengelola data Anda: analisis, pembersihan, standarisasi, dan pengayaan data Anda untuk meningkatkan nilai dari data untuk keputusan bisnis strategis
• Meminimalkan risiko dan mengurangi biaya: pemenuhan terhadap kebijakan retensi data dan kebijakan kepatuhan
• Konsolidasi data perusahaan: memiliki data yang konsisten dan seragam